Kamis, 20 November 2014

Buah Strawberry



MANFAAT BUAH STRAWBERRY

Strawberry atau dalam ejaan Indonesia ditulis sesuai dengan cara bacanya, yaitu stroberi. Siapa yang tidak tau dengan buah ini? Buah strawberry mempunyai aroma dan rasa yang khas, jadi tidak heran jika buah ini sering digunakan sebagai perasa tambahan dalam makanan dan minuman. Rasa buah strawberry antara asam dan manis (terkadang rasa asamnya jauh lebih menyengat ketimbang manisnya), jadi memang untung-untungan untuk mendapatkan rasa strawberry yang benar-benar manis.

Apakah Strawberry Itu Buah?                                        

Walaupun banyak orang menyebut strawberry sebagai buah, namun menurut catatan di wikipedia, strawberry sebenarnya bukanlah buah sejati. Tidak seperti blueberry dan cranberry, srtawberry adalah buah palsu dimana biji buahnya bukan berada dalam daging buah, melainkan tersebar merata pada permukaan buah. Saat masih berkembang buah ini berwarna putih kehijauan, dan ketika masak akan berwarna merah terang.
  

Sejarah Buah Strawberry

Buah ini dipercaya berasal dari benua Amerika, tepatnya dari daerah yang sekarang bernama Chile. Bentuknya yang manis dan memikat membuat buah strawberry dengan cepat menyebar ke daratan Eropa dan Asia. Dalam sejarah Yunani kuno, buah ini dijadikan sebagai lambang cinta atau dewi cinta. Hal ini mungkin didasari karena warna dan bentuknya yang cantik, aromanya yang wangi, serta rasanya yang kadang sangat asam dan kadang juga manis, seperti cinta itu sendiri.

Hingga saat ini asal nama buah strawberry belum jelas dan masih menjadi perdebatan. Ada banyak teori yang berkembang dari masing-masing wilayah. Ada teori yang menyebutkan jika nama strawberry diambil dari sebutan anak-anak di Inggris pada abad 19. Dimana letak buah memang berada pada ujung batang tanaman yang berbentuk panjang seperti sedotan (straw), dan mereka menjual buah tersebut dengan nama "straw berry" (buah berry yang berada pada straw / sedotan).

Namun teori yang paling populer mengenai asal nama dari buah ini adalah berdasarkan cara menanamnya (pada jaman dulu). Dimana cara menanam buah ini dengan cara menaburkan bijinya diatas tanah (strewn). Yaitu dari kata streabergen (strea adalah menaburkan, dan bergen adalah biji atau buah). Dari kata "streabergen" inilah kemudian berkembang menjadi streberie, strauberie, straubery, strauberry, dan terakhir menjadi strawberry.


Buah Strawberry Di Indonesia

Berdasarkan catatan, buah ini pertama kali masuk ke Indonesia pada masa petengahan tahun 90-an. Sifat tanaman yang membutuhkan udara yang dingin membuat strawberry dikembangkan di daerah-daerah puncak yang ada di Indonesia. Awalnya spesies strawberry yang dikembangkan adalah Fragaria vesca L. yang memang paling cepat menyebar ke seluruh dunia. Namun jika sekarang anda membeli buah strawberry yang ada di swalayan-swalayan, itu adalah jenis strawberry hibrida. Buah ini adalah hasil persilangan dari Fragaria Virginia L. var Duchesne yang mempunyai rasa manis dominan dengan Fragaria Chiloensis L. var Dhucesne yang mempunyai ukuran agak besar.



KANDUNGAN VITAMIN BUAH STRAWBERRY

Vitamin C Dalam Buah Strawberry

Kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi, bahkan kadarnya bersaing dengan buah jeruk. Vitamin C atau yang terkenal juga dengan sebutan asam sitrat atau asam askorbat dalam 1 porsi ( 8 biji ) buah strawberry diketahui lebih tinggi dari buah jeruk. Fungsi vitamin ini adalah untuk memelihara jaringan sel pada tubuh, menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin A, D, E, dan K Pada Buah Strawberry

Vitamin-vitamin lain yang terkandung dalam buah strawberry ini juga sangat penting dalam pemeliharaan kesehatan tubuh secara umum. Vitamin A sangat penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit, tulang, dan membran mukosa. Fungsi vitamin D (biasa didapat dari sinar matahari) kurang lebih sama juga. Dan kandungan vitamin ini cukup berlimpah dalam strawberry. Sedangkan vitamin E adalah penting untuk menjaga sel darah merah serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin K, yaitu vitamin yang bermanfaat untuk menggumpalkan darah (ketika kulit tubuh terluka).


Vitamin B Dalam Strawberry

Beberapa anggota keluarga dari vitamin B yang terkandung dalam buah ini antara lain adalah B1 / tiamin, B2 / riboflavin, B3 / niacin, B6, dan B12. Fungsi vitamin B dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum dapat dibilang cukup vital. Bermanfaat untuk berbagai elemen yang terintegrasi pada kesehatan fisiologis seperti sistem saraf pusat, metabolisme, fungsi jantung, serta saraf dan pertumbuhan badan.

Folat Pada Buah Strawberry

Satu lagi vitamin penting yang terkandung dalam buah strawberry adalah folat atau asam folat. Vitamin ini sangat vital dalam pembentukan DNA, pertumbuhan jaringan dan fungsi sel dalam tubuh, serta membantu vitamin B12 dalam pembentukan sel darah merah. Seperti diketahui, asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Kekurangan folat sangat berbahaya dan dapat menyebabkan bayi lahir dalam keadaan cacat.


KANDUNGAN ASAM PADA BUAH STRAWBERRY

Kandungan Asam Sitrat Pada Strawberry

Buah ini mengandung asam sitrat yang cukup tinggi. Kandungan asam sitrat pada buah ini adalah yang paling tinggi diantara jenis asam alami lainnya. Untuk diketahui, asam sitrat dan vitamin C adalah 2 zat yang berbeda, mereka tidak sama. Asam sitrat biasanya digunakan sebagai pengawet untuk mencegah pembusukan dan sebagai penyedap dalam masakan. Asam ini memiliki rasa asam yang tajam dan sangat khas.

Kandungan Asam Malat Pada Strawberry

Buah strawberry juga mengandung asam malat, namun kadar asam ini akan menurun drastis seiring tingkat kematangan buah. Ini adalah hal yang wajar, dan berlaku juga pada buah-buahan yang lain seperti plum, apel, dan yang lainnya. Asam malat biasanya digunakan sebagai penyedap dalam masakan dan agen penuaan pada minuman anggur (wine). Asam ini akan berfungsi sebagai pengawet jika dicampurkan dalam minyak dan lemak.

Kandungan Asam Askorbat Pada Buah Strawberry

Asam askorbat atau yang biasa dikenal sebagai vitamin C adalah kandungan penting yang terdapat pada buah ini. Satu mangkuk takar / sekitar 8 - 9 strawberry diketahui mengandung sekitar 85 gr asam askorbat. Namun apabila buah strawberry dibelah dan dibiarkan pada udara terbuka selama 5 menit atau lebih, maka 50% dari kandungan asam askorbat ini akan menguap. Seperti diketahui, vitamin C memegang peranan penting sebagai antioksidan dan bertindak sebagai agen anti penuaan yang ampuh.

Kandungan Asam Pantotenat Dalam Strawberry

Buah strawberry juga diketahui mengandung sekitar 0,18 mg asam pantotenat atau yang dikenal sebagai vitamin B5. Vitamin ini adalah bagian dari keluarga besar vitamin B yang mempunyai peranan penting bagi sistem metabolisme dan sistem saraf pusat. Asam pantotenat juga berfungsi membantu pembentukan sel-sel darah merah dan mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.

Kandungan Asam Ellagic Dalam Strawberry

Strawberry diketahui sebagai sumber asam ellagic alami. Hingga kini para peneliti masih berupaya untuk meningkatkan kandungan asam allegic pada buah ini. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Asam ellagic dipercaya mempunyai peran yang sangat penting dalam menangkal perkembangan beberapa jenis kanker, terutamanya untuk kanker tenggorokan (esofagus). Dalam sebuah jurnal kesehatan juga ditulis bahwa dosis 10 - 50 mmol/L asam ellagic dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker pakreas.



Daftar Pustaka

1 komentar:

  1. makasih atas infonya gan
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-gondok/

    BalasHapus